Induksi Laktasi Solusi ASI Untuk Anak Adopsi

In Ibu Dan Anak

Menyusui tanpa melewati masa kehamilan atau induksi laktasi sangatlah mungkin dilakukan. Normalnya, produksi ASI secara alami atau laktasi dipengaruhi oleh interakasi yang kompleks dari 3 hormon yaitu estrogen, progesteron dan prolaktin di saat bulan-bulan terakhir kehamilan. Ketika melahirkan, kadar estrogen dan progesteron berkurang drastik, tapi kadar prolaktin masih tetap tinggi yang akhirnya menghasilkan laktasi.

Berhasilnya induksi laktasi tergantung dari proses biologi yang bertahap atau berulang. Jika Anda telah menyiapkannya selama beberapa bulan, dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi hormon seperti estrogen dan progesteron lewat supplemen, untuk menyamakan prosesnya seperti kehamilan. Terapi hormon ini bisa berlangsung selama 6 bulan atau lebih.

Sekitar 2 bulan sebelum memulai menyusui, terapi hormon akan dihentikan dan mulai memompa payudara dengan alat pompa ASI. Hal ini dilakukan untuk menstimulus produksi ASI dan mengeluarkan prolaktin. Saat mulai menyusui, sebaiknya tetap memompa payudara untuk membuat cadangan ASI tetap mencukupi. Misalnya, Anda bisa memompa selama 10 menit setiap selesai menyusui. Lakukan ini sampai bayi Anda bertambah berat badannya, tanda dimana Anda telah menghasilkan cadangan ASI yang cukup. Jika Anda hanya memiliki waktu yang sebentar, terapi hormon tidaklah disarankan. Jadi sebaiknya berkonsultasilah pada dokter Anda.

Tags: #Induksi Laktasi #Solusi ASI Untuk Anak Adopsi

Tips Cegah Stres Selama Masa Kehamilan
Tips Cegah Stres Selama Masa Kehamilan
Banyak penelitian yang menganjurkan agar wanita-wanita modern
Setelah ASI Makanan Apa yang Harus Dikenalkan?
Setelah ASI Makanan Apa yang Harus Dikenalkan?
Apakah bayi anda sudah berusia 6 bulan
Cara Memperbanyak Air Susu Ibu (ASI)
Cara Memperbanyak Air Susu Ibu (ASI)
ASI merupakan “Makanan” yang terbaik untuk Sibuah
Air Susu Ibu adalah Obat
Air Susu Ibu adalah Obat
Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik

Leave a reply "Induksi Laktasi Solusi ASI Untuk Anak Adopsi"


Top