Tips Budidaya Daun Bawang Dalam Pot

In Bisnis

Daun bawang atau Allium fistulosum adalah tanaman yang bermanfaat untuk memberikan aroma sedap dan gurih pada masakan. Tak heran jika kebutuhan akan bawang daun tidak akan ada habisnya. Maka dari itu, budidaya daun bawang menjadi suatu peluang  yang baik bagi petani di Indonesia. Salah satunya dengan memudidayakan daun bawang dalam pot atau polybag.

Untuk pemibibitan, caranya dengan memilih rumpun yang berumur 2,5 bulan dan sehat. Kemudian rumpun diangkat bersama akar-akarnya dengan membuang tanah yang menempel pada akar. Setelah itu buang sebagian daunnya dan bibit disimpan pada lokasi yang lembab selama seminggu. Setelah itu, bibit siap ditanam.

Lahan yang digunakan untuk menanam harus yang hitam, gembur dan banyak humusnya. 1 bulan sebelum tanam, tanah diolah dengan dicampur pupuk organik lalu buat persemaiannya. Caranya ialah dengan menanam biji atau anak tunas sebagai bibit dengan 2 kg biji untuk 1 ha lahan. Setelah itu baru siapkan lahan untuk menamamnya. Caranya dengan mencangkul tanah sedalam 40 cm kemudian dikasih pupuk sebanyak 15 ton/ha. Lubang tanam dibuat dengan jarak 20×20 cm sedalam 10 cm. Untuk penanaman, pindah bibit yang sudah dipotong sebagian akar dan daunnya serta telah berumur 2 bulan ke lahan pada awal Oktober atau Maret. Kemudian rendam bibit selama 15 menit pada fungisida setelah itu baru tanam bibit pada lubang yang tersedia dan padatkan tanah di sekitar pangkalnya.

Setelah 15 hari, lakukan penyulaman jika ada bibit yang kurang baik pertumbuhannya. Setiap 3 minggu sekali lakukan penyiangan gulma. Sebelum panen, lakukan pembubunan pada bagian dasar tunas selama 4 minggu. Untuk merangsang tunas, potong bunga dan daun tua dan siram 2 kali sehari. Jika muncul tanda-tanda hama dan penyakit, lakukan penyemprotan dengan pestisida. Saat bawang daun berusia sebulan, beri pupuk sesuai dnegna kebutuhan tanaman dengan memperhatikan laju pertumbuhan tanaman. Agar hasil panen maksimal, gunakan pupuk organic.

Setelah berusia 2,5 bulan, bawang daun sudah bisa dipanen dengan ciri-ciri daun yang menguning dengan jumlah anakan 7-10. Bersihkan akar dari tanah yang berlebihan dan seluruh rumpun dibongkar dan dicangkul pada pagi atau sore hari. setelah dipanen, bawang daun disimpan di tempat teduh dan dicuci kemudian ditiriskan. Setelah itu bagian batang diikat dengan berat setiap ikatan 25kg. Bawang daun disortir sesuai ukuran masing-masing lalu disimpan pada temperature 0,8-1,4°C selama semalam. Setelah itu, baru siap untuk dipasarkan.

Tags: #Budidaya Daun Bawang

Memulai Bisnis Dengan Berjualan Kue Brownies
Memulai Bisnis Dengan Berjualan Kue Brownies
Brownies adalah salah satu kue atau cake
Agar Karir Wanita Berjalan Dengan Sukses
Agar Karir Wanita Berjalan Dengan Sukses
Siapapun pasti ingin sukses dalam karir, termasuk
Peluang Usaha Kain Perca
Peluang Usaha Kain Perca
Kain perca atau yang dikenal dengan sisa
Tips Sukses Berjualan Pulsa
Tips Sukses Berjualan Pulsa
Hingga saat ini pulsa merupakan kebutuhan masyarakat

Leave a reply "Tips Budidaya Daun Bawang Dalam Pot"


Top