13 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Jengkol memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kamu. Namun sayangnya manfaat jengkol ini tidak banyak diketahui orang. Terlebih jengkol menjadi salah satu sayuran yang dihindari oleh beberapa orang lantaran dapat menimbulkan bau tidak sedap usai memakannya. Tapi tidak sedikit juga yang menjadikan jengkol sebagai makanan favorit, terksturnya yang empuk dan rasanya yang unik membuat jengkol bisa menambah nafsu makan seseorang.

Untuk kamu penggemar jengkol, tentu harus tahu manfaat apa saja bisa kamu dapatkan saat menyantap jengkol. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini:

Manfaat Jengkol yang Harus Kamu Tahu

Pembentukan Jaringan Pada Tubuh

Jengkol memiliki kandungan protein yang tinggi dan bisa membantu tubuhmu dalam pembentukan jaringan. Bahkan bila dibandingkan, kandungan protein dalam jengkol ternyata lebih banyak dibandingkan dengan kacang hijau ataupun kacang kedelai.

Mencegah Anemia

Jengkol pun sanga kaya akan zat besi. Di mana zat besi tersebut berperan penting untuk mencegah sekaligus mengatasi apabila produksi sel-sel darah merah dalam tubuh kurang. Kamu pasti tahu bahwa  saat kita kekurangan zat besi, akan berpengaruh pada produksi sel-sel darah merah yang juga berkurang. Ini membuat suplai oksigen dan juga zat-zat makanan akan berkurang. Tidak heran jika kekurangan zat besi akan tampak lemas, lebih mudah lelah dan tak bersemangat.

Mencegah Tulang Keropos

Tak hanya kaya akan zat besi dan protein, jengkol pun mengandul kalsium dan fosfor. Seperti diketahui dua zat ini sangatlah diperlukan oleh tulang. Tidak heran jika jengkol dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi jengkol dengan porsi yang pas supaya tulang kamu tetap kuat.

Basmi Radikal Bebas

Jengkol pun mengandul sejumlah vitamin seperti, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan Vitamin B2. Kandungan vitamin ini bermanfaat sekali untuk tubuh, sepeti vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin C sebagai zat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Kamu harus tahu bahwa jengkol merupakan sayuran yang bersifat diuretic. Apa kamu tahu apa itu diuretic? diuretic merupakan makanan yang dapat membuat urine menjadi lebih lancar. Tentunya, pembuangan urine yang lancar ini sangat baik bagi penderita penyakit jantung.

Merampingkan Perut

Bagi kamu yang merasa perutmu terlalu buncit, maka jengkol bisa merampingkan perutmu. Hal ini karena kandungan serat pada jengkol yang tinggi membuat BAB menjadi lancar dan secara tidak langsung membuat perutmu langsing.

Mencegah Diabetes

Jengkol pun dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Hal ini karena dalam buah jengkol terdapa zat yang tidak akan ditemukan di bahan makanan lainnya, yaitu zat asam jengkolat. Nah, zat asam jengkolat ini berupa Kristal-kristal yang tidak akan larut oleh air. Karena sifatnya yang diuretic inilah jengkol sering kali dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita gangguan ginjal.

Mengatasi Masalah Penyempitan Pembuluh Dara

Biasanya penderita penyakit jantung mengalami penyempinan pada pembuluh darahnya sehingga darah yang mengalir menuju jantung tidak lancar. Nah, kandungan mineral yang ada dalam jengkol ini dapat melebarkan pembuluh darah dan dapat mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Supaya kamu dapat mendapatkan khasiat jengkol lebih optimal, sebaiknya tidak memasak jengkol terlalu lama alias jangan terlalu matang.

Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit sering kali dialami oleh ibu hamil. Namun hal ini dapat diatasi dengan mudah oleh jengkol. Hal ini karena jengkol memiliki serat yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit. Tapi tetap saja, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Lebih baik mengonsumsi jengkol sesuai dengan jumlah yang dianjurkan saja.

Pertumbuhan Tulang dan Gigi pada Janin yang Masih di Kandungan

Manfaat jengkol yang lainnya adalah menumbuhkan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan. Pertumbuhannya akan berjalan optimal karena terdapat kalsium dan fosfor yang tinggi pada jengkol.

Menstabilkan Organ-Organ Penting di Dalam Tubuh

Organ penting di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan stabil bila kebutuhan asam folat dan vitamin B6 tubuh terpenuhi. Salah satu makanan yang patut dikonsumsi karena mengandung asam folat yang tinggi adalah jengkol. Namun sekali lagi, konsumsi saja sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.

Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Kadar gula darah dapat terkontorl bila kamu mengonsumsi jengkol secukupnya. Hal ini tentu akan sangat baik bagi para penderita diabetes. Kenapa? Karena jengkol mengandung zat gula yang tidak membayakan bagi penderita diabetes. Zat gula ini merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga tidak berbaya untuk penderita diabetes.

Zat Antioksidan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, jengkol mengandung zat antioksidan yang biak untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan jantung. Selain itu, segala sesuatu yang dapat menghambat aliran darah dalam pembuluh darah pun bisa hilang oleh zat dalam jengkol. Hal ini tentu membuat aliran darah selalu lancar.

Itulah sejumlah manfaat jengkol bisa kamu dapatkan, khususnya untuk kamu para pecinta jengkol. Semoga bermanfaat.

Tags: #Jengkol

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan asli dari
5 Manfaat Madu
5 Manfaat Madu
Madu sudah tidak asaing dan mungkin sudah
Manfaat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan Tubuhmu
Manfaat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan Tubuhmu
Di bulan puasa banyak makanan spesial yang
8 Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam yang Baik Bagi Tubuh
8 Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam yang Baik Bagi Tubuh
Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis obat

Leave a reply "13 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu"


Top