Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

In Tips Dan Trik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat akan mencari pekerjaan adalah membuat lamaran kerja. Dalam lamaran kerja tersebut banyak sekali berkas yang harus disiapkan, salah satunya adalah surat lamaran pekerjaan. Berkas yang satu ini merupakan poin penting yang cukup menentukan apakah kamu bisa diterima kerja atau tidak di suatu perusahaan. Tentunya kamu harus bisa mempromosikan diri dengan baik dan tidak perlu menambahkan informasi yang tidak penting.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat menulis surat lamaran kerja selain data diri kamu adalah penulisannya. Pastikan penulisan surat lamaran kerja yang kamu buat baik dan benar. Sebab kini persaingan di dunia kerja sangatlah ketat, dan jumlah pekerjaan dengan pencari kerja tidak seimbang. Hal ini membuat kamu harus lebih cerdas agar bisa terpilih dan menjadi karyawan di suatu perusahaan.

Ada sejumlah tips yang harus kamu lakukan saat menulis surat lamaran kerja agar baik dan benar. Dengan begitu peluang kamu untuk masuk ke suatu perusahaan semakin besar. Tipsnya adalah sebagi berikut:

Tips-Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

  • Baca dengan seksama persyaratan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam lowongan kerja yang kamu temukan. Hal ini dilakukan supaya isi dari surat lowongan kerja yang kamu buat masih berada dalam konteks yang dibutuhkan oleh perusahaan dan untuk menghindari hal-hal tidak penting.
  • Tulislah surat lamaran kerja kamu dengan menggunakan rangkaian kata baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  • Akan lebih baik jika kamu menyusunnya dengan kata-kata yang singkat, padat, mudah dipahami dan juga jelas serta sopan.
  • Usai menulis surat lamaran kerja, cobalah teliti kembali. Pastikan tidak ada salah ketik atau typo. Selain itu, pastikan penulisannya juga rapi dan enak dibaca.
  • Pastikan kertas yang kamu jadikan sebagai surat lamaran kerja, baik itu diketik maupun tulis tangan, bersih tanpa kotoran sedikit pun. Kamu pun harus memastikan bahwa di surat lamaran kerja tersebut tidak ada bekas lipatan, bekas penghapus, atau bekas tip-ex sehingga tampilannya lebih menarik.
  • Bila kamu menulis surat lamaran kerja dengan cara tulis tangan, maka pastikan tulisan kamu dapat terbaca dengan baik. Hindari penggunaan tulisan tegak bersamung. Selain itu pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih agar tidak mengotori kertas.

Itulah sejulah tips dan cara untuk membuat sebuah surat lamaran kerja agar peluang kamu diterima oleh perusahaan yang kamu lamar lebih besar. Sekarang, kamu harus tahu langkah-langkah menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar seperti di bawah ini:

Langkah dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Sebenarnya, cara menulis surat lamaran kerja untuk posisi apapun tidak jauh bedanya, baik itu secara online maupun offline. Sebab, ada sejumlah ketentuan umum yang harus kamu ikuti, seperti di bawah ini:

Langkah-langkah membuat Surat Lamaran Kerja

  • Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Pada bagian ini, isi dengan tempat di mana kamu tinggal dan tanggal pembuatan surat lamaran tersebut.

  • Kepada Yth.

Biasanya untuk bagian ini, diikuti dengan nama direktur atau pimpinan perusahaan terkait. Jika kamu tidak tahu, cukup nama perusahaannya saja dan jangan lupa cantumkan juga alamat lengkap perusahaan.

  • Salam hormat
  • Kata pengantar atau pembukaan

Pada bagian ini, kamu wajib mencantumkan dari mana informasi lowongan kerja tersebut didapatkan, apakah dari majalah, koran, situs online dan lainnya. Sebutkan juga posisi yang akan kamu lamar.

  • Biodata Pribadi

Tuliskan nama kamu secara lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau pun nomor handphone, alamat email sampai informasi pendidikan terakhir namun ini tidak wajib.

  • Pengalaman Kerja dan Juga Kemampuan Kamu

Bila kamu sebelumnya sudah pernah bekerja di sebuah perusahaan, maka tuliskanlah pekerjaan apa yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Bila kamu baru saja lulus, maka tidak perlu menuliskan pengalaman kerja, kecuali sebelumnya kamu pernah melakukan magang. Selain itu tuliskan juga apa kemampuan yang kamu miliki. Usahakan kemampuan tersebut memang yang tengah dicari oleh perusahaan tersebut.

  • Lampiran

Untuk lebih meyakinkan perusahaan, kamu bisa menyebutkan bahwa kamu melampirkan beberapa berkas sebagai pertimbangan, seperti Pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi sertifikat dan lain sebagainya. Lampiran ini biasanya akan memberikan nilai tambah cukup baik. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mempersiapkan hal ini secara maksimal.

  • Penutup

Di dalam penutup ini biasanya menuliskan beberapa kalimat untuk meyakinkan pembaca bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat bekerja di perusahaan tersebut. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

  • Hormat saya, (Tanda Tangan dan Nama Lengkapmu)

Sekarang kamu telah mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan sukses.

Itulah sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Tags: #Surat Lamaran Kerja

Tips-Tips Memilih Template Yang Bagus
Tips-Tips Memilih Template Yang Bagus
Banyak tempat download template blog keren gratis
Cara Apply Kartu Kredit Online
Cara Apply Kartu Kredit Online
Kini, kartu kredit semakin banyak dicari dikarenaka
Tips Jalan – Jalan ke New Zealand
Tips Jalan – Jalan ke New Zealand
New Zealand, adalah sebuah negara di daerah
Tips Menghindari Jebakan Cinta Pria
Tips Menghindari Jebakan Cinta Pria
Hi dear, cinta itu memang buta, bagi

Leave a reply "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"


Top