Manfaat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan Tubuhmu

In Manfaat Dan Khasiat

Di bulan puasa banyak makanan spesial yang muncul hanya disaat bulan puasa tiba. Salah satu dari banyaknya makanan tersebut adalah kolang-kaling. Pada umumnya, kolang-kaling yang dijual di pasaran merupakan kolang-kaling yang sudah direndam dalam air mentah. Kolang-kaling ini biasanya disajikan dengan berbagai bahan lainnya untuk membuat kolak, es buah, maupun sajikan puasa lainnya. Biasanya sajikan yang berbahan kolang-kaling menjadi santapan wajib pada saat buka puasa.

Namun tahukah kamu, jika kolang-kaling memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kolang-kaling. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

Manfaat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 100 gram kolang-kaling terdapat 0,69 gram protein, 4,0 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu dan 0,95 serat kasar. Sisanya adalah kadar air yang mencapai 94%. Hal ini membuat kolang-kaling terasa sengar saat dikonsumsi. Selain itu kolang-kaling juga memiliki kadar gelatin yang tinggi sehingga punya manfaat dalam mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan juga mengakibatkan porsi makan berkurang. Hal ini tentu sangat cocok bagi mereka yang tengah menjalankan program diet.

Sumber Vitamin

Kolang-kaling mengandung vitamin seperti vitamin V, B dan C. Vitamin A pada kolang-kaling terbukti ampuh dalam memperkuat penglihatan atau mata. Sementara vitamin B sangat baik untuk kulit dan sel-sel lainnya yang ada dalam tubuh. Terakhri adalah vitamin C yang bukan rahasia lagi dapat mencegah sariwan, influena dan juga sebagainya.

Menyehatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Banyak sekali masyarakat yang mengonsumsi susu sebagai sumber kalsiumnya. Tapi susu ini mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga khawatir membuat berat badan bertambah. Namun apabila malah kamu bertambah gemuk, maka keadaan sendi akan makin sakit dan tulang tak akan kuat lagi menyangga tubuh. Dalam kolang-kaling ini kalsiumnya lumayan tinggi sehingga biak untuk pertumbuhan tulang. Setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Untuk susu sapi murni, tiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium.

Mengobati Gatal-Gatal

Kolang-kaling berasal dari buah aren yang mengandung getah. Getah buah aren ini akan menyebabkan rasa gatal saat terkena kulit. Namun karena dibuat menjadi asupan, kolang-kaling justru mampu mengobati rasa gatal tersebut. Penemuan ini memang harus diteliti lebih lanjut terlebih dulu. Namun beberapa orang mengaku telah merasakan efek baiknya.

Melancarkan dan Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat kasar yang terdapat dalam kolang-kaling cukup tinggi, yaitu mencapai 39%. Kandungan serat yang lumayan tinggi ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan kamu. Kamu mungkin sudah mengetahui jika serat akan membuatmu lebih cepat kenyang dan lebih lama dicerna dalam perut sehingga bisa menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama lagi. Nantinya, kolang-kaling yang masuk dalam tubuh nantinya bakal menyebabkan proses pembuangan air besar yang lancar sehingga bisa mencegah kegemukan atau pun obesitas.

Meningkatkan Stamina dan Kebugaran Tubuh

Menjadikan kolang-kaling sebagai makanan pembuka saat waktu berbuka tiba memang sangat tepat. Hal ini karena kolang-kaling mengandung banyak  sekali mineral yang baik bagi tubuh, seperti besi, fosfor, sampai kalsium dalam jumlah yang lumayan tinggi. Kandungan-kandungan tersebut tentu berdampak baik bagi kesehatan tubuh sehingga bisa menjaga tubuh agar lebih sehat, bugar dan menambah stamina.

Mengobati Radang Sendi

Salah satu penyakit yang menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu adalah radang sendi. Radang sendi ini dapat menyebabkan gejala sakit di lutut usai berjalan beberapa menit atau pun saat kamu menaiki tangga. Namun, kamu tidak usah khawatir karena kolang-kaling dapat dimanfaatkan untuk obat meredakan penyakit radang sendi ini. Caranya adalah dengan merebut buah kolang-kaling yang diolah dengan cara direbut tanpa menggunakan gula atau pun perwarna. Atau cara lainnya adalah kolang-kaling tersebut dibuat manisan dengan menggunakan tambahan gula batu dan juga daun pandan atau jahe. Nah, kolang-kaling tersebut dapat dijadikan cemilan sebanyak 100-200 gram per hari. Kolang-kaling sendiri mengandung 52,9% karbonidrat. Sebagian besar karbohidrat yang terdapat dalam daging kolang-kaling merupakan galaktomanannan. Dalam dunia farmasi galaktomanan ini sering dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit seperti radang sendi. Galaktoman ini memiliki efek analgesik atau Pereda sakit sehingga mampu mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kolang-kaling. Ternyata tidak hanya mampu melepas dahaga saat bulan puasa, kolang-kaling pun dapat memberikan banyak manfaat lain untuk tubuh kita. Tidak heran jika kita rutin mengonsumsi kolang-kaling selama bukan Ramadhan, kita akan mendapatkan tubuh yang kuat sehingga puasa selama sebulan penuh pun dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Tags: #Kolang Kaling

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan asli dari
5 Manfaat Madu
5 Manfaat Madu
Madu sudah tidak asaing dan mungkin sudah
13 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu
13 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu
Jengkol memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh
8 Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam yang Baik Bagi Tubuh
8 Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam yang Baik Bagi Tubuh
Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis obat

Leave a reply "Manfaat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan Tubuhmu"


Top